999

Jika estetika telah berkembang melampaui ruang, maka keberadaannya akan segera mengalir menuju bejana waktu.
Dan jika keduanya telah kehilangan kapasitasnya maka disitulah sebenarnya Kreatifitas Tanpa Batas berada.

RUMAH PADA LAHAN SEMPIT (lebar 5m)

by WADeRO - Widia K Achadi Design Room No comments

Sebagaimana lazimnya perkembangan kota, akan selalu berbanding sejajar dengan nilai tanah di sekitar keramaian kota. Semakin kota itu berkembang, akan semakin mahal pula nilai tanahnya. Nilai tanah yang sangat mahal ditengah kota mengakibatkan kecenderungan perkembangannya kearah vertical, demikian juga dengan rumah tinggal.
Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam memanfaatkan lahan yang sempit (lebar 5 meter), menjadi hunian yang ideal di tengah kota. Ideal dalam arti memaksimalkan lahan yang ada menjadi nyaman dan fungsional. Mengembangkan lahan yang sempit menjadi hunian, adalah sebuah tantangan tersendiri, mengingat luasan ruang yang sangat terbatas. Meskipun lebar lahan sangat terbatas (5 meter) namun harus tetap menerapkan kaidah-kaidah fungsi dan kenyamanan yang maksimal.


Untuk mencapai luasan yang memadai, bangunan dibuat 2 lantai dengan tatanan ruang sebagai berikut :

LANTAI 1
Hanya diperuntukkan pada zona ruang yang cenderung public (ruang tamu, ruang keluarga). Untuk kenyamanan dalam operasional rumah sehari hari, dapur ditempatkan di lantai 1. Penempatan kamar mandi kecil juga dibutuhkan di lantai ini agar kegiatan public lebih nyaman. Sehingga kebutuhan pencapaian kamar mandi tidak harus naik ke lantai 2. 

LANTAI 2
Lantai 2 didesign untuk memenuhi ruang yang cenderung masuk ke zona privat. Berisi ruang tidur utama, 2 ruang tidur anak dan kamar mandi. Pada ruang tidur utama, dengan lebar ruang 5 meter masih sangat memungkinkan untuk penempatan kamar mandi dalam yang dilengkapi dengan bathtub dan ruang ganti. 

Semoga bermanfaat.






0 comments:

Posting Komentar